Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Baca Doa Ini Ketika Hendak Berangkat Shalat Jumat

Baca Doa Ini Ketika Hendak Berangkat Shalat Jumat
Baca Doa Ini Ketika Hendak Berangkat Shalat Jumat. (Ilustrasi/freepik)
Baca Doa Ini Ketika Hendak Berangkat Shalat Jumat. (Ilustrasi/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat. Pada hari tersebut terdapat beberapa aktivitas khusus yang dianjurkan untuk diamalkan. Membaca doa sebelum berangkat shalat Jumat ini bisa untuk melengkapi rangkaian dari amalan-amalan tersebut. 

 

Ketika hendak berangkat untuk melaksanakan shalat Jumat, ada baiknya kita membaca doa berikut ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw: 

 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ إِلَى الصَّلَاةِ فَقَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِينَ عَلَيْكَ وَأَسْأَلُكَ بِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا فَإِنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا وَلَا بَطَرًا وَلَا رِيَاءً وَلَا سُمْعَةً وَخَرَجْتُ اتِّقَاءَ سُخْطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُعِيذَنِي مِنْ النَّارِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ أَقْبَلَ اللَّهُ عَلَيْهِ بِوَجْهِهِ وَاسْتَغْفَرَ لَهُ سَبْعُونَ أَلْفِ مَلَكٍ   

 

Rasulullah Saw., bersabda, “Barang Siapa keluar dari rumahnya untuk shalat (ke masjid), maka berdoalah “Ya Allah aku meminta kepada-Mu dengan hak peminta kepada-Mu, dan aku juga meminta dengan hak jalan ku ini. Sesungguhnya aku keluar bukan untuk keburukan, bukan untuk kesombongan, bukan untuk riya’ dan bukan untuk dipuji. Aku keluar agar terhindar dari murka-Mu dan mengharap ridha-Mu. Maka aku meminta agar engkau melindungi ku dari siksa neraka dan mengampuni dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau”.

 

Kemudian, sebelum melaksanakan shalat Jumat kita juga disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu, sebagaimana hadits berikut.

 

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ   

 

“Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya”. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

 

Adapun berikut niat mandi Jumat:

 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى   

 

“Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa”.   

 

Artinya: Saya niat mandi untuk menghadiri salat Jumat sunnah karena Allah Ta’ala).

 

Adapun berikut ini tata krama dan adab ketika di masjid: 

 

1.    Berjalan menuju masjid dengan tenang dan sopan.

2.    Tidak melakukan kepentingan yang bersifat mencari keuntungan duniawi. 

3.    Tidak meludah di dalam masjid. 

4.    Menjaga bau mulut dan bau badan. 

5.    Tidak melakukan transaksi jual beli di dalam masjid. 

 

Demikian doa yang bisa diamalkan ketika hendak berangkat shalat Jumat, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×