Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

SMK NU Indramayu Bekali Pelajar dengan Dzikir Berjamaah

SMK NU Indramayu Bekali Pelajar dengan Dzikir Berjamaah
SMK NU Indramayu Bekali Pelajar dengan Pendidikan ke-Aswajaan dan Pembinaan Dzikir Berjamaah di Malam Mujahadah. (foto: Hari Susanto).
SMK NU Indramayu Bekali Pelajar dengan Pendidikan ke-Aswajaan dan Pembinaan Dzikir Berjamaah di Malam Mujahadah. (foto: Hari Susanto).

Indramayu, NU Online Jabar
Malam Mujahadah, bagi siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) Indramayu tentunya hal itu sudah tak asing lagi di telinga mereka. Pasalnya "Malam Mujahadah" merupakan suatu kegiatan rutin yang diagendakan oleh guru-guru untuk membekali siswa atau siswinya tentang ilmu agama (khususnya memperkuat pendalaman ke-Aswajaan dan pendidikan ke-pesantrenan) yang dilaksanakan pada setiap malam sabtu dalam sebulan sekali.


Malam Mujahadah juga merupakan suatu kewajiban yang ditujukan kepada seluruh siswa, baik kelas IX, X, ataupun kelas XI dengan harapan agar mereka mempunyai mental spiritual yang kuat selain daripada pendidikan sekolah formal sehingga mampu menghadapi tantangan zaman.


Kegiatan Malam Mujahadah yang digelar di Gedung SMK NU pada Jumat (11/3) malam tersebut meliputi:


Pertama, siswa-siswi melaksanakan shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan bimbingan dzikir secara berjamaah pula. 


Kedua, setelah sholat berjamaah dan dzikir tersebut, siswa-siswi dibina untuk setoran surat-surat pendek dan pembinaan bacan doa-doa sholat. 


Ketiga, setelah siswa-siswi melaksanakan sholat isya dan berdzikir secara berjamaah, mereka diberi waktu untuk sekedar istirahat dan makan malam bersama. 


Keempat, pembekalan ke-Aswajaan oleh KH. Abdulloh Ibnu Karlim, M.Pd. yang sekaligus sebagai Kepala SMK NU Indramayu. 


Kelima, seluruh siswa/i dipersilakan untuk tidur. Dan dibangunkan kembali pada pukul 02.00 untuk rangkaian Qiyamul Lail, dan dianjurkan terlebih dahulu untuk mandi taubat sebelum melaksanakan Qiyamul Lail tersebut. 


Keenam, berdzikir secara berjamaah sebelum melaksanakan sholat subuh berjamaah. 


Ketujuh, seluruh siswa-siswi dibimbing dan dibina untuk berziarah ke makam para ulama setempat dengan harapan mengharap berkah dan mendoakan beliau atas segala jasa-jasanya dalam memperjuangkan panji-panji ke-Islaman. 


"Dan semua kegiatan-kegiatan pada Malam Mujahadah tersebut dimaksudkan untuk membina dan membimbing siswa-siswi SMK NU Indramayu agar menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas intelektual juga cerdas spiritual dengan upaya mendekatkan diri kepada Allah secara bersungguh-sungguh." Imbuh KH. Abdulloh selaku Kepala Sekolah SMK NU.


Pewarta: Hari Susanto
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×