• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Daerah

Pergunu Depok Goes to Pesantren Kenalkan Literasi Digital

Pergunu Depok Goes to Pesantren Kenalkan Literasi Digital
Pergunu Depok Goes to Pesantren Kenalkan Literasi Digital (Foto: NUJO)
Pergunu Depok Goes to Pesantren Kenalkan Literasi Digital (Foto: NUJO)

Depok, NU Online Jabar
Seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, literasi digital di pondok pesantren rasa-rasanya perlu ditingkatkan agar para santri bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan penggunaan teknologi seperti ponsel pintar untuk kegiatan yang dapat menunjang pengembangan  pengetahuan mereka.

 

Melalui program Goes to Pesantren, Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Depok memberikan pembekalan tentang literasi digital kepada para santri di Aula Yayasan al-Kindi, Sabtu (11/12) lalu. 

 

"Melalui mekanisme pelatihan jurnalistik, sosialisasi beasiswa Pergunu, sekolah kader Aswaja dan juga peace goes to school ini dalam satu rangkaian yang kami sebut dengan road show program pengenalan Pergunu ke sekolah-sekolah," ujar Ketua Tim Pergunu Goes to School, Hakim Hasan. 

 

Kegiatan sosialisasi program Pergunu Kota Depok ini kerap bekerja sama dengan benerapa badan otonom dan lembaga NU, seperti LP Ma'arif, IPNU-IPPNU dan lembaga di luar NU seperti komunitas Peace Leader Depok dan Kemenag.

 

Sekretaris Pergunu Kota Depok Heru Hermanto menjelaskan, sosialisasi program Pergunu Kota Depok ini sudah menyasar puluhan sekolah yang ada di Kota Depok, mulai dari lembaga keagamaan seperti pesantren, madrasah, sampai sekolah-sekolah umum. Namun, sempat mengalami kendala karena adanya pandemi. 

 

"Sebelum masa pandemi, program ini sempat berjalan dan sudah menyasar ke puluhan sekolah yang ada di kota Depok, mulai dari pesantren, madrasah hingga sekolah umum. Begitu pandemi, semua kegiatan road show kami hentikan, tetapi ada beberapa kegiatan yang tetap berjalan seperti Webinar pendidikan berseries setiap dua pekan sekali juga doa bersama via online,” terangnya.

 

Kegiatan ini disambut baik oleh pengasuh Pondok Pesantren al-Kindi KH. Abdul Ghani Djamal, ia sangat mengapresiasi adanya pengenalan literasi digital di pondok pesantren dari Pergunu Kota Depok.

 

"Alhamdulillah, silakan diberi pembekalan kepada para santri tingkat SMA yang ada di sini, saya sangat senang dengan kehadiran teman-teman dari NU, semoga bisa membawa kemaslahatan" ujar Kiai Ghani.

 

Dalam kegiatan road show kali ini, Pergunu Kota Depok juga memberikan arahan untuk selalu menaati protokol kesehatan. Oleh karena itu, sebagai tanda terima untuk pondok pesantren, diberikan puluhan botol hand sanitizer dan beberap box masker untuk kebutuhan santri.

 

Pewarta: Muhammad Bagir Hakim
Editor: Agung G


Daerah Terbaru