Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Alisa Riska Maulida Jadi Perempuan Pertama yang Ikut Kontestasi Pemilihan Ketua PMII Kabupaten Cirebon

Alisa Riska Maulida Jadi Perempuan Pertama yang Ikut Kontestasi Pemilihan Ketua PMII Kabupaten Cirebon
Alisa Riska Maulida, Calon Ketua PC PMII Kabupaten Cirebon. (Foto: NU Online Jabar/Ilham Abdul Jabar)
Alisa Riska Maulida, Calon Ketua PC PMII Kabupaten Cirebon. (Foto: NU Online Jabar/Ilham Abdul Jabar)

Cirebon, NU Online Jabar
Pendaftaran calon Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Cirebon masa khidmah 2021-2022 resmi ditutup. Calon dari Komisariat PMII IAIN Syekh Nurjati Alisa Riska Maulidiya, mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai Ketua PMII Kabupaten Cirebon. Karena sejak berdiri tahun 1960, belum pernah ada calon Ketua PMII Kabupaten Cirebon dari kalangan perempuan.

Alisa mengatakan, bahwa Badan Pekerja Konfercab (BPK) sebagai pihak panitia membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada seluruh Kader PMII yang ingin mengabadikan diri sebagai Ketua PMII Cabang Cirebon. Selain itu, Alisa menambahkan bahwa keikutsertaannya dalam kontestasi pemilihan Ketua PC PMII Cirebon ini merupakan bentuk implementasi dari kesetaraan gender. Alisa membuktikan bahwa kaum perempuan pun mampu untuk bersaing dengan laki-laki dalam menunjukkan eksistensi dalam berorganisasi di PMII.

Selain Alisa, terdapat satu nama lain yang telah memastikan untuk berebut 19 suara Komisariat dan Rayon PMII se-Kabupaten Cirebon pada Konferensi Cabang ke-42 PC PMII Kabupaten Cirebon yang akan digelar di Kantor PCNU Kabupaten Cirebon pada 25 Juli 2021 mendatang. 

Perempuan kelahiran Brebes 1 Juli 1998 itu, mengawali kiprahnya di PMII sejak menjadi mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada tahun 2016. Secara bertahap, Alisa menapaki kiprahnya sebagai kader PMII dan akhirnya pada 2018 Alisa terpilih sebagai Ketua Kopri Rayon Pelangi Tarbiyah. Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Ketua Kopri Rayon Pelangi Tarbiyah, Alisa kemudian mengabdikan dirinya sebagai Anggota Bidang 1 Kopri PMII IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Bukan hanya itu, ia juga aktif di organisasi intra kampus dan pernah menjadi Bendahara Divisi Organization Apparatus Development (OAD) Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Alisa juga aktif di organisasi primordial Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) sebagai Sekretaris Bidang 1 Kaderisasi. Selain aktif sebagai organisatoris dan aktivis kampus, Alisa juga aktif sebagai relawan di Komunitas Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan dan Komunitas Umah Ramah.

Seabrek kegiatan organisasi dan komunitas yang digeluti, Alisa tak lantas meninggalkan kewajiban sebagai mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan gelar sarjana yang ia raih pada awal 2021 kemarin. Alisa tercatat sebagai Sarjana Pendidikan Tadris Bahasa Inggris IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kampanye sebagai Ketua Cabang PMII Cirebon, Alisa membawa Visi "PMII Kolaboratif", yaitu Kolektif, Aktif, Berkarakter, Progresif, Administratif. Untuk mencapai visi tersebut, Alisa telah menyiapkan sejumlah misi, di antaranya yakni :

1) Membangun gerakan kolektif PMII Cirebon
2) Mengoptimalisasikan kualitas SDM kader Cirebon melalui proses kaderisasi (formal, informal, nonformal)
3) Membangun budaya akademik berkarakter humanis di lingkungan PMII Cirebon
4) menciptakan substrastuktur kaderisasi melalui pedoman kaderisasi dengan menyesuaikan kebutuhan
5) Meningkatkan proses kaderisasi yang tertib administratif

Selain membawa visi dan misi, Alisa juga memiliki program unggulan yang akan diterapkan, yaitu :
1) Sekolah Administrasi
2) Pedoman Kaderisasi lokal

Pewarta: Ilham Abdul Jabar
Editor: Agung Gumelar

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×