Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Obituari

Innalillahi, Wakil Rais Syuriyah PCNU Ciamis 2009-2019 KH Khozin Ali Makmur Wafat

KH Khozin Ali Makmur

Bandung, NU Online Jabar 
Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
, kabar duka dari Ciamis, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Ciamis masa khidmah 2009-2019 KH Khozin Ali Makmur wafat pada Sabtu 31 Juli 2021. Almarhum merupakan pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Hikmah, Cikawung, Lakbok.  

Ketua PCNU Kabupaten Ciamis KH Arief Ismail Chowas mewakili Nahdliyin di Ciamis mengungkapkan duka sedalam-dalamnya atas wafatnya  KH Khozin Ali Makmur. 

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna ini, almarhum adalah salah seorang kiai yang merupakan generasi kedua di dalam pergerakan di wilayah tenggara Ciamis. Berkat orang-orang seperti Kiai Khozin itulah NU di wilayah tersebut terjaga hingga sekarang. 

“Saya berkenalan dengan Kiai Khozin sekitar tahun1994,” ungkap Kiai Arief, AHad malam (1/8), “dia adalah sosok kiai yang dikategorikan superaktif dalam ke-NU-an. Ia istiqamah, tidak bulak-belok sampai akhir hayatnya. Saya terakhir bertemu dengan almarhum 3 minggu ke belakang, setelah pertemuan pimpinan pondok pesantren, ia mampir ke saya, bercerita banyak,” kenangnya. 

Jika bertemu dengan Kiai Khozin, katanya, selalu yang jadi bahan obrolan adalah urusan perjuangan NU, bagaimana hubungan NU dengan negara, tentang pengabdian di masyarakat, tak luput dari pembicaraan juga masalah perkembangan pendidikan di pesantren. 

“Kiai Khozin selalu punya waktu dan tak pernah absen untuk acara-acara NU. Lugas orangnya. Ia pernah bercerita bahwa NU di Ciamis harus berperan lebih banyak lagi dan menjadi rujukan di masyarakat, tetap menjadi penyejuk, penenang bagi umat,” pungkasnya. 

Pewarta: Abdullah Alawi 
 

Editor: Abdullah Alawi

Artikel Terkait