Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Jamaah Masuk Fase Mabit di Mina, Dirjen PHU Minta Petugas Siaga Layanan hingga 13 Dzulhijah

Jamaah Masuk Fase Mabit di Mina, Dirjen PHU Minta Petugas Siaga Layanan hingga 13 Zulhijah (Foto: umrahnews.com)

Mina, NU Online Jabar
Jamaah haji saat ini memasuki fase menginap (mabit) di Mina, selain menginap para jamaah di Mina melaksanakan lontar jumrah, ula, wustha, dan aqabah. Para jamaah berada di Mina hingga 12 Dzulhijjah untuk nafar awal dan 13 Dzulhijjah untuk nafar tsani.


Demi menjaga kelancaran prosesi mabit, irjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief minta petugas siaga layanan full hingga 13 Dzulhijjah.


"Mina termasuk fase padat dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Saya minta seluruh petugas untuk siaga di pos masing-masing demi melayani jemaah," tegasnya sebagaimana diberitakan kemenag.go.id, Sabtu (9/7/2022).


Baca Juga:
Wukuf di Arafah, Gema Lantunan Talbiyah Jamaah Penuh Tangis Haru


"Fase ini akan berlangsung hingga 13 Zulhijah. Sehingga petugas harus tetap konsentrasi dan siaga membantu jemaah," sambungnya.


Baca Juga:
Haji Itu Wukuf di 'Arafah (15)


Kesiagaan petugas, kata Hilman, sangat penting. Sebab, tidak jarang jemaah pada fase ini kelelahan saat perjalanan ke jamarat. Selain itu, ada saja jemaah yang membutuhkan bimbingan saat lontar jumrah.


"Jadi kesiagaan mengawal  yang sakit dan kelelahan di jalan perlu diperkuat," pesan Hilman. 


"Kursi roda juga harus disiagakan di pertengahan  jalur jalan kaki, jalur ke arah jamarat, khususnya sebelum dan sesudah terowongan," tandasnya.


Hilman menambahkan, proses penempatan petugas di pos-pos strategis akan dilakukan secara terpola dengan rasio yang proporsional. Dengan begitu, penempatan petugas lebih merata.


Editor: Abdul Manap

Editor: Abdul Manap