Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Jika Istri Dilaknat Allah, Suami Juga Bisa Ikut Terlaknat

Ilustrasi (NU Online)

Bandung, NU Online Jabar 
Tak sedikit hadits Nabi Muhammad yang menyatakan bahwa seorang istri dalam keadaan dilaknat Allah dan malaikat karena sikapnya terhadap suami.    

“Barangsiapa seorang wanita yang ngabaeudan salakina eta dilaknat Allah dan malaikatnya,” ungkap Rais Syuriyah PWNU Jawa Barat KH Nuh Addawami pada pengajian bulanan yang berlangsung di gedung PWNU Jawa Barat, Jalan Terusan Galunggung No. 9, Sabtu (12/9). 

Namun, menurut kiai yang akrab disapa Ceng Nuh ini, para suami harus mencari tahu penyebab istrinya cemberut tersebut. 

Kiai kelahiran Kabupaten Garut ini mencontohkan. Jika istri cemberut karena poligami tentu suami harus menyadari bahwa penyebab terlaknat istrinya adalah dirinya sendiri. 

“Maka oleh karena itu suami jangan membuat istri cemberut. Sebab gara-gara kita, istri jadi dilaknat. Karena istri kita dilaknat gara-gara kita, maka kita juga termasuk dilaknat. Oleh karena itu, kita harus takut dilaknat Allah karena istri cemberut,” pungkasnya. 

Pengajian tersebut dihadiri para kiai dari berbagai daerah semisal Cirebon, Karawang, Sumedang, Bandung, dan sekitarnya. Pada pengajian bulanan ini, Ceng Enoh membahas hadits-hadit yang terkait dengan wabah. 

Pewarta: Abdullah Alawi 
 

Editor: Abdullah Alawi

Artikel Terkait