Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nasional

Gus Abe: PMII Miliki Klaim Paling Kuat Bicara Islam Indonesia

Ketua PB PMII Muhammad Abdullah Syukri (@mabdullahsyukri)

Bandung, NU Jabar Online
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia masa Khidmat 2021-2024, M Abdullah Syukri, mengungkapkan, PMII memiliki klaim paling kuat berbicara Islam Indonesia. Hal tersebut diungkapkan dalam sambutannya pasca prosesi pengukuhan PB PMII, Sabtu (26/6).

“Maka dari itu, wajah islam Indonesia, anak-anak muda Indonesia yang harus diperkenalkan ke dunia adalah wajah-wajah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Panjenengan-panjenengan semualah yang memiliki hak itu, untuk berbicara islam Indonesia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pergaulan PMII mesti di bangun dengan seluruh stakeholder kepemudaan internasional dengan selalu terlibat di setiap kegiatan di masyarakat.

“Kita harus buktikan keraguan-keraguan tersebut dan kita bisa, kita mampu untuk membangun platform digital dan untuk itu, transformasi yang saya sampaikan itu harus kemudian bisa disambung oleh semangat kader dari seluruh rayon, komisariat dan seluruh Indonesia,” jelasnya.

Untuk Itu, lanjut pria asal kelahiran Cirebon tersebut, mengajak kepada seluruh kader terbaik di berbagai penjuru Indonesia untuk sama-sama membangun PMII dengan saling bahu membahu.

“Dengan saling bahu membahu, kita bisakita buktikan bahwa PMII adalah organisasi yang besar, tidak secara data dan historis saja, tetapi secara fakta di lapangan juga,” tutur Gus Abe, sapaan akrab Ketua Umum PB PMII tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengungkapkan bahwa kader PMII harus selalu memegang tradisi dan memperbaharui sesuatu yang dianggap baik menjadi lebih baik.

“Kader PMII itu sudah pasti memegang tradisi. Maka dari itu, yang diutamakan adalah mengambil kemajuan terlebih dahulu,” ujarnya.

Gus Abe mengutip falsafah arab:

Kaifa Nataqoddam Duuna an natakholla ‘an at-Turots 

“Bagaimana kita agar terus maju tanpa meninggalkan tradisi dan warisan daripada nenek moyang kita di Indonesia,” kutipnya.

Selain itu, Gus Abe memohon doa restu kepada semua agar bisa saling menyempurnakan dalam melaksanakan amanah di PB PMII masa Khidmat 2021-2024 yang baru saja resmi dikukuhkan.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Editor: Agung Gumelar