Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Sayid Muhammad Rifki Noval, Doktor Muda yang Kini Pimpin Uninus

Sayid Muhammad Rifki Noval, Doktor Muda yang Kini Pimpin Uninus
Sayid Muhammad Rifki Noval, Doktor Muda yang Kini Pimpin Uninus (Foto: Instagram @sayidmrn)
Sayid Muhammad Rifki Noval, Doktor Muda yang Kini Pimpin Uninus (Foto: Instagram @sayidmrn)

Bandung, NU Online Jabar
Dr. H. Sayid Muhammad Rifki Noval, SH., MH. Seorang Doktor Muda yang baru saja dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Periode 2022-2024 oleh Ketua Yayasan Uninus KH Hasan Nuri Hidayatullah, di Aula Multimedia Rektorat, Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Selasa (25/5/2022).


Habib Rifki sapaan akrabnya merupakan putra dari tokoh NU Jawa Barat KH Habib Syarif Muhammad Al-Aydrus. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat masa khidmat 1990-1995, dan juga sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat masa khidmat 1995-1998.


Di usianya yang terbilang muda, yaitu 35 tahun, Habib Rifki sebelumnya mengemban amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Kerjasama di Kampus yang sama.


Dalam sejarah perjalanan berdirinya Uninus dari tahun 1959 hingga saat ini, Habib Rifki merupakan rektor termuda. Tidak hanya di Uninus di perguruan tinggi yang lain pun Habib Rifki menyandang sebagai rektor termuda, sebagaimana diberitakan uninus.ac.id yang mengutip dari detik.com pernah merilis beberapa rektor termuda di Indonesia. 


Diurutan pertama rektor termuda yaitu Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang atas nama Risa Santoso merupakan rektor termuda, kelahiran 1992. Ia mulai menjabat rektor di usia 27 tahun.


Pada urutan kedua, Riki Saputra yang menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada 7 Februari 2019, yakni pada usia 36 tahun.


Berdasarkan berita tersebut, rektor Uninus menyalip di urutan kedua karena mulai mengemban amanah sebagai rektor pada usia 35 tahun. Terpaut setahun lebih muda dari Riki Saputra.


Ketua Yayasan Uninus KH Hasan Nuri Hidayatullah mengajak untuk bersyukur kepada Allah Swt, yang menakdirkan sebagai orang-orang yang berada dalam dunia pendidikan. 


“Kita berkecimpung dalam dunia pendidikan bukanlah suatu yg kebetulan, tapi ini takdir Allah yang harus kita syukuri dan kita gunakan sebaik-baiknya,” kata kiai yang akrab disapa Gus Hasan ini.


Lanjut, pihaknya memilih dan menetapkan rektor berusia muda dengan tujuan mempercepat akselerasi Uninus.


Menurutnya, selama 3 tahun menjadi ketua yayasan, sedikit demi sedikit melakukan upaya pembenahan Uninus, mulai renovasi dan perbaikan-perbaikan fasilitas seperti aula, ruang kelas, toilet hingga masjid. Sementara dalam sistem, pihaknya telah melakukan perombakan administrasi.


“Tapi belum sesuai ekspektasi kami. Ekspektasi yang dicita-citakan masih jauh dari harapan,” katanya


Gus Hasan meminta pada rektor dan jajarananya yang baru agar mampu melakukan akselerasi dengan target: pertama, akreditasi seluruh program studi menjadi A dan kedua pemeringkatan universitas masuk ke dalam 100 besar perguruan tinggi Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut, Gus Hasan juga melantik tiga wakil rektor yang akan menemani Habib Rifki, yaitu 
Brigjen TNI (Purn) Dr. Yusuf. S.Sos., MM, sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Bidang Pendidikan (Akademik/Pembelajaran) Kemahasiswaan dan Penjaminan Mutu. Dr. Hendi S Muchtar, M.Pd., sebagai Wakil Rektor 2 Bidang Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya. Prof. Dr. Mohd Haizam, Ph.D., sebagai Wakil Rektor 3 Bidang Bidang Riset, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi dan Kerjasama. 


Editor: Abdul Manap

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×