Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Wapres Resmikan BLK komunitas Pondok Pesantren Cipasung

Wapres Resmikan BLK komunitas Pondok Pesantren Cipasung
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin saat meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di Pondok Pesantren Cipasung, Selasa (8/6) (Foto: NU Online Jabar/Sahal Lutfi Syabani)
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin saat meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di Pondok Pesantren Cipasung, Selasa (8/6) (Foto: NU Online Jabar/Sahal Lutfi Syabani)

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas 2020 dan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (8/6).

Peresmian dilakukan dalam rangka menghadiri Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2020 dan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren yang dihadiri oleh Hj. Ida Fauziah (Menteri Ketenagakerjaan RI), H. A Muhaimin Iskandar (Wakil DPR RI) serta Gubernur Jawa Barat dan tamu undangan yang lainnya.

Dalam sambutannya wapres menyampaikan sudah 2.000 lebih BLK yang dibangun Sampai saat ini. Menurutnya, ini sudah melampaui target yang diharapkan.

"Pada tahun 2020 Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 BLK komunitas, Sehingga secara total BLK yang dibangun mencapai 2.127, yang terbesar di seluruh Indonesia. Artinya, telah melampaui target yang ditetapkan saat pencanangan, yaitu membangun 2.000 BLK komunitas," ungkapnya.

Ia juga mengharapkan pembangunan BLK komunitas dapat diperluas dengan melibatkan komunitas seperti serikat pekerja/buruh atau organisasi kemasyarakatan.

"Agar dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja baru, sehingga bisa menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian nasional," harapnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Faujiah mengatakan, BLK komunitas ini merupakan upaya implementasi kebijakan Bapak Presiden dan Wakil Presiden guna menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai program prioritas pembangunan.

"BLK komunitas hadir untuk memberikan keahlian vokasi dan keahlian vokasi sebagai kebutuhan pasar kerja dan keterampilan berwirausaha bagi para santri dan masyarakat sekitarnya, dan saya yakin, dengan peran ini BLK komunitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kompeten dan kompetitif," pungkasnya.

Pewarta: Sahal Lutfi Syabani
Editor: Agung Gumelar