Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Rasul Ulul Azmi (1)

Rasul Ulul Azmi (1)
(Ilustrasi: NUO)
(Ilustrasi: NUO)

Oleh: Rudi Sirojudin Abas
Dalam Kitab Al-Mu’jam al-Mufahras li Ma’ani Al-Quranul Azim (Wahbah Zuhaili dkk, Darul Fikr Damaskus, 1416 H, hal. 105) disebutkan bahwa jumlah keseluruhan para nabi adalah 124 ribu orang. Sementara, jumlah rasul adalah sebanyak 313 orang. Rincian jumlah tersebut didasarkan pada sebuah hadits:

(1) Rasulullah SAW dari Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban sebagaimana berikut.

قلت : يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الْأَنْبِيَاءُ ؟ قَالَ: ( مِائَةُ أَلْفٍ وَعِشْرُونَ أَلْفًا)، قُلْتُ :يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ؟ قَالَ : (ثَلَاثُ مِائَةٍ وَثَلَاثَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا)

Artinya: “Aku berkata: Wahai Rasulullah! Ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab: Nabi ada 120.000 orang. Aku berkata: Wahai Rasulullah! Ada berapa jumlah Rasul? Rasulullah menjawab: Rasul ada 313 orang. Mereka sangat banyak,”. (HR. Ibnu Hibban).

(2) Hadits Rasulullah SAW dari Abu Umamah  yang diriwayatkan oleh Ahmad.

قُلتُ: يا رسولَ اللهِ، كم وَفَّى عِدَّةُ الأنبياءِ؟ قال: مِئةُ ألْفٍ وأربعةٌ وعشرونَ ألْفًا، الرُّسُلُ مِن ذلك ثلاثُ مِئةٍ وخَمسةَ عَشَرَ جَمًّا غَفيرًا

Artinya: “Aku berkata: Wahai Rasulullah! Ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab: Nabi ada 124.000 orang dan di antara mereka ada para Rasul sebanyak 315 orang. Mereka sangat banyak” (HR. Ahmad).

Jumlah para nabi dan rasul di atas ada dalam kurun masa antara Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW. Setelah Nabi Muhammad SAW diutus, tidak ada lagi nabi dan rasul yang Allah turunkan ke muka bumi ini. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi dan rasul akhir zaman, sebagai penutup para nabi dan Rasul.  

Allah SWT berfirman:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya: “Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu,” (QS al-Ahzab [33]: 40).

Dari sekian banyak nabi dan rasul tersebut, yang wajib diketahui oleh orang beriman hanya berjumlah 25 nabi dan rasul saja. Hal ini berdasar pada nama-nama nabi maupun rasul yang Allah catat dalam Al-Qur’an. Sementara nabi dan rasul yang lainnya tidak dikisahkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنٰهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۗ

Artinya: “Dan ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu,” (QS an-Nisa [4]: 164).

Penulis adalah peneliti kelahiran Garut