Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

PWNU Jawa Barat Tekankan Kembali Anjuran Penggunaan Masker

PWNU Jawa Barat Tekankan Kembali Anjuran Penggunaan Masker
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: NU Online Jabar/Bagus)
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: NU Online Jabar/Bagus)

Bandung, NU Online Jabar
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat kembali menekankan agar warga NU khususnya agar menggunakan masker ketika hendak bepergian atau ketika hendak berinteraksi dengan orang lain.  

Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah mengatakan, anjuran tersebut sebagai upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19, setidaknya di Jawa Barat. 

“Ini untuk kepentingan bersama, bukan kita saja yang seharusnya pakai masker. Juga orang lain di sekitar kita, minimal mereka lebih tenang ketika dekat dengan kita dan kita juga tenang ketika dekat dengan mereka. Ini untuk menciptakan kebersamaan dengan tenang,” katanya di kantor PWNU Jawa Barat Jalan Terusan Galunggung Nomor 9, Kota Bandung, Kamis (13/8). 

Jika dilihat dari sisi ajaran agama, kata kiai yang akrab disapa Gus Hasan ini, anjuran ini bisa dikaitkan dengan perintah kepada ulil amri (pemerintah). Saat ini pemerintah sedang bekerja keras agar penyebaran Covid-19 ini berakhir. 

Warga NU, kata pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 Cilamaya, Kabupaten Karawang ini, harus menjadi bagian dari upaya pencegahan tersebut karena hal itu menyangkut keselamatan warga NU sendiri. 

“Mari bersama-sama kita laksanakan apa yang diminta pemerintah untuk memakai masker untuk meredam dan mencegah Covid-19,” ajaknya lagi. 

PWNU, sambung Gus Hasan, sampai saat ini sudah membagikan masker sejak Maret lalu. Hingga saat ini, PWNU sudah membagikan di atas 10 ribu masker kepada masyarakat.

Muslimat NU Jabar Siap Keliling Bagikan Masker
Sekretaris Pimpinan Wilayah Muslimat NU Hj Nani Muharomah mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membagikan ribuan masker ke tiap pimpinan cabang di 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Ustadzah di Pondok Pesantren Sirnamiskin Kopo, Kota Bandung ini, Muslimat NU akan membagikan ribuan masker sembari menghadiri konferensi cabang. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, hampir seluruh pimpinan cabang telah habis masa khidmah-nya.

Dengan demikian, sambungnya, Muslimat NU Jabar bisa melaksanakan dua agenda tersebut secara bersamaan, menghadiri konferensi cabang sekaligus membagikan masker.

“Tujuan pembagian masker adalah untuk mensosialisasikan pentingnya pemakaian masker guna mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya. 

Pewarta: Abdullah Alawi