Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

PKD GP Ansor Campaka Diharapkan Cetak Kader Berkarakter 

PKD GP Ansor Campaka Diharapkan Cetak Kader Berkarakter 
PKD GP Ansor Campaka Diharapkan Cetak Kader Berkarakter (Foto: NU Online Jabar)
PKD GP Ansor Campaka Diharapkan Cetak Kader Berkarakter (Foto: NU Online Jabar)

Cianjur, NU Online Jabar 
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Campaka, Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Nurul Magfiroh Almusri, Kampung Cikereti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jumat-Ahad (08-10/10/2021).

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Campaka Ahmad Sodikin mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mencetak para kader Ansor yang handal dan berkarakter. 

"Kami ucapkan banyak terima kasih atas segala support dan dukungan dari tuan rumah, PC Ansor, Satkorcab Banser dan Rijalul Ansor," katanya.

Menurutnya, kegiatan PKD sebagai bentuk sarana melahirkan calon pemimpin GP Ansor yang handal dan berkarakter yang mampu berbuat banyak dalam membantu masyarakat. “Pelatihan Kader Dasar ini merupakan sebuah sarana untuk melahirkan pemimpin masa depan yang kuat dan berani menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Cianjur Ariful Holiq Zaelani menegaskan, kader GP Ansor sebagai badan otonom NU wajib hukumnya untuk menjaga setiap jengkal wilayah NKRI serta menjalankan amaliyah, giroh, fikroh, dan harokah Ahlusunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah. 

“Saya tegaskan dan instruksikan kepada semua kader Gerakan Pemuda Ansor bahwa harus siap membentengi negara dari segala ancaman dan bahaya yang mengintai kita,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Cianjur Tedi Sopian menambahkan, banyak hal yang harus diketahui oleh peserta sebelum dinyatakan sah jadi kader Ansor, terutama masalah keorganisasian, kepemimpinan dan ideologi Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyyah.   

"Selama pelatihan para peserta diberikan pemahaman untuk meraih kompetensi pelatihan yakni memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, ke-Indonesian dan kebangsaan," ungkapnya.

Kegiatan PKD dihadiri oleh pengurus MWCNU Campak, lembaga dan badan otonom NU serta TNI yang diakhiri dengan proses pembaiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Agung Gumelar