Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Pesantren Nurul Hikmah Cipaku Ciamis Kembangkan Budidaya Lele

Pesantren Nurul Hikmah Cipaku Ciamis Kembangkan Budidaya Lele
Pesantren Nurul Hikmah Cipaku Ciamis Kembangkan Budidaya Lele (Foto: NU Jabar Online)
Pesantren Nurul Hikmah Cipaku Ciamis Kembangkan Budidaya Lele (Foto: NU Jabar Online)

Ciamis, NU Jabar Online
Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang terletak di Tonggoh, Pusakasari, Cipaku, Ciamis, belum lama ini melaksanakan budidaya ikan lele. Diharapkan Nurul Hikmah dapat menjadi basis pengembangan potensi masyarakat, salah satunya melalui budidaya lele.

Ikan yang bernama lain Clarias itu sangat akrab didengar. Masyarakat Indonesia pun sangat gemar mengkonsumsi ikan ini karna kandungan gizi sangat tinggi. Di dalamnya ada protein lemak, kalsium, fosfor, zatbesi, vitamin A dan b.

Pesantren Nurul Hikmah mengembangkan pembenihan ikan lele menggunakan cara manual dengan kolam plastic. Ketua Yayasan Nurul Hikmah Ustad Emil Saefulmilah menjelasakan bahwa budidaya ini merupakan swadaya Pesantren dan masyarakat sekitar.

‘‘Terdapat duapuluh kolam dengan ukuran 3 x 6 m2 dengan kedalaman 50 cm. Kemampuan total produksi mencapai 4.000 ekor dengan ukuran Ikan lele rata rata 5-7 cm per kolam plastik. Masa pemeliharaan 45 hari, paparnya. 

Hasil panen ikan lele ini, menurut Emil, diperuntukan untuk pemenuhan kebutuhan santri yang berjumlah santri 230 orang putra dan putri. Jika produksinya semakin banyak, nantinya akan mulai dijual ke pasar.

“Budaaya lele ini untuk memberi keterampilan bagi santri, agar saat lulus dan kembali ke rumah-masing-masing sudah punya bekal keahlian di samping ilmu pengetahuan yang formal,” pungkas  Emil.

 

Pewarta: Dede Rusyadi
Editor: Agung Gumelar