Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Peringati Tahun Baru Hijriah, GP Ansor Subang Blusukan ke Puluhan Rumah Yatim

Peringati Tahun Baru Hijriah, GP Ansor Subang Blusukan ke Puluhan Rumah Yatim
Asep Alamsyah (foto kanan) dan H Adul (kiri) membagikan bingkisan kepada salah satu anak yatim di Desa Mariuk (Foto: NU Online Jabar/Aiz)
Asep Alamsyah (foto kanan) dan H Adul (kiri) membagikan bingkisan kepada salah satu anak yatim di Desa Mariuk (Foto: NU Online Jabar/Aiz)

Subang, NU Jabar Online
Dalam rangka memperingati datangnya tahun baru 1442 H, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Subang merayakannya dengan cara berbagi rezeki kepada puluhan anak yatim yang ada di Desa Mariuk, Kecamatan Tambakdahan dengan cara menemui mereka secara langsung di kediamannya masing-masing, Ahad (23/8)

Ketua GP Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah HD mengatakan bahwa salah satu momentum yang sering dijadikan sarana dalam berbagi rezeki kepada anak yatim adalah pada awal tahun baru Hijriah lebih khusus pada tanggal 10 Muharam, karena pada tanggal tersebut dikenal sebagai Lebaran anak yatim. 

“Kegiatan santunan ini merupakan agenda tahunan GP Ansor Kabupaten Subang sebagai wujud kecintaan kami kepada Rasulullah karena beliau sangat mencintai anak yatim dan memerintahkan kita semua untuk menyayangi dan berbagi dengan mereka, terutama di tanggal 10 Muharam,” ujar Ketua GP Ansor Subang, Asep Alamsyah HD usai kegiatan.

Dikatakan Asep, untuk memuliakan dan berbagi dengan anak yatim ini GP Ansor menggalang dana dari para pengurus dan beberapa donatur. Setelah terkumpul para pemuda NU ini langsung membagikan bingkisan sembako dan sejumlah uang tunai kepada 50 anak yatim di rumahnya masing-masing.

“Dalam rangka memuliakan anak-anak yatim ini kami datangi langsung rumah mereka untuk menyampaikan bingkisan sekaligus ingin melihat langsung keadaan dan kondisi mereka,” imbuhnya.

Sebenarnya kata Asep, untuk berbagi rejeki dengan anak-anak yatim tidak harus dilakukan pada pada bulan Muharam saja karena itu pada bulan yang lalu GP Ansor Subang melakukan kegiatan yang sama di Desa Tambakdahan, Kecamatan Tambakdahan.

“Menyayangi anak-anak yatim tidak harus dengan memberikan materi saja. Hal yang jauh lebih penting adalah memberikan kasih sayang karena keseharian mereka tidak mendapatkan kasih sayang dari sosok orang tua,” tambahnya.

Asep pun mengingatkan sekaligus mengajak kepada umat Islam untuk selalu menyayangi dan berbagi dengan anak yatim yang ada di sekitar kita apalagi di bulan muharam yang didalamnya terdapat lebaran anak yatim.

“Saya yakin di sekitar kita, entah itu tetangga, saudara, kerabat dan sebagainya pasti akan ada anak yatim,” pungkasnya.

Pewarta: Aiz Luthfi
Editor: Abdullah Alawi