Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Peringati Hari Santri dan Maulid Nabi SAW, RMINU Jabar Kenalkan Pahlawan Pasundan

Peringati Hari Santri dan Maulid Nabi SAW, RMINU Jabar Kenalkan Pahlawan Pasundan
Oto Iskandar di Nata, Pahlawan Pasundan yang banyak berjasa dalam merebut kemerdekaan Indonesia (Foto: Nampo Hodo No. 20/NUJO)
Oto Iskandar di Nata, Pahlawan Pasundan yang banyak berjasa dalam merebut kemerdekaan Indonesia (Foto: Nampo Hodo No. 20/NUJO)

Bandung, NU Online Jabar
Rabitah al-Ma'ahid al-Islamiyyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, akan menggelar Peringatan Hari Santri Nasional 2021 secara virtual yang akan diselenggarakan pada Kamis (14/10), mulai jam 08.00 WIB. Kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diinformasikan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh RMI mengenai Undangan Hari Santri yang ditujukan kepada RMI PCNU dan Pimpinan Pondok Pesantren yang berada di bawah naungan RMINU Jawa Barat.

Ketua RMI PWNU Jawa Barat KH Amin Maulana mengungkapkan akan menggelar diskusi mengenai Pahlawan Nasonal asal Tatar Pasundan, yaitu Oto Iskandar di Nata secara virtual Zoom. Hal itu bertujuan untuk mengenang sekaligus mengenalkan kepada para santri mengenai pahlawan daerahnya.
Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan mengundang sejumlah pejabat tingkat provinsi dan kabupaten/kota, juga para tokoh untuk memberikan ucapan selamat hari Santri 2021.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengajak kepada seluruh stakeholder yang terkait dengan RMI PWNU Jawa Barat untuk meramaikan Hari Santri ini, baik dari IDN, Universitas Islam Nusantara (UNINUS), dan Pondok Pesantren yang berada dibawah naungan RMI NU Jawa Barat.

"Kita merencakan kegiatan ini secara hybrid, panitia akan luring di PWNU, dan peserta lain bisa mengikutinya secara daring. Jadi nanti Pondok Pesantren baik yang ada di Jabar maupun di luar Jabar bisa dan boleh mengikuti acara Hari Santri ini secara daring," tutur Kiai Amin.

Selain kepala daerah, kiai Amin juga mengundang penulis buku Oto Iskandar di Nata, yaitu Iip D Yahya

“Dengan terselenggaranya acara ini, saya berharap akan dapat menanamkan benih nasionalisme dan cinta tanah air, serta selalu penghormatan atas jasa para pahlawan di hati para santri,” papar Kiai Amin.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi