Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Pelajar NU Japura Kidul Punya Perpustakaan Keliling dengan Ratusan Buku Dibaca Pelajar Tiap Minggu

Pelajar NU Japura Kidul Punya Perpustakaan Keliling dengan Ratusan Buku Dibaca Pelajar Tiap Minggu
Perpustakaan keliling IPNU dan IPPNU Japura Kidul (Foto: NU Online Jabar)
Perpustakaan keliling IPNU dan IPPNU Japura Kidul (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura memiliki program perpustakaan keliling dengan membawa ratusan buku ke kampung-kampung setiap akhir pekan.
Pelajar NU mengemas buku-buku perpustakaan keliling tersebut dalam kardus kemudian dibawa dengan menggunakan sepeda motor ke suatu tempat untuk dibaca para pelajar.

Baca: IPNU dan IPPNU Japura Berupaya Kurangi Kecanduan Pelajar terhadap Game Online dengan Perpustakaan Keliling

“Jumlah keseluruhan buku sekitar ada 145 buku. Kebanyakan buku anak-anak seperti komik, buku cerita dan lain-lain. Di samping buku anak-anak, didominasi juga buku agama dan buku pelajaran,” kata Pimpinan Ranting IPNU Desa Japura Kidul, Muslim, ketika dihubungi dari Bandung, Sabtu (9/1). 

Muslim menjelaskan, untuk mengumpulkan buku-buku tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Komunitas Lentera Baca membuat brosur penerimaan donasi buku dari siapa saja yang disebarkan melalui media sosial.

“Dari pihak komunitas membuat pamplet terus disebarkan. Terus di situ ada contact person. Nah dari masyarakat menghubungi kontak tersebut,” jelasnya. “Dan dari pihak komunitas akan datang ke rumah tersebut,” lanjutnya. 

Dalam teknisnya, sebelum menjemput buku-buku tersebut dari para donatur, dimintakan terlebih dahulu dari para anggotanya untuk mendonasikan buku-bukunya yang memang sudah jarang dibaca untuk disumbangkan. 

“Tapi sebenarnya sebelum ke masyarakat dari anggota IPNU dan IPPNU diajak untuk menyumbangkan buku,” katanya. 

Muslim berterima kasih kepada Komunitas Lentera Baca yang sudah bekerja sama dalam kegiatan perpustakaan keliling ini. Ia juga berharap, agar ke depan bisa terus saling bersilaturrahmi dan menjalin bekerja sama dalam mengkampanyekan pentingya literasi di lingkungan masyarakat. 

“Tetap terus bekerja sama jalin silaturahmi apapun yang terjadi untuk literasi,” tuturnya.

Pewarta: Agung Gumelar
Editor: Abdullah Alawi