Mengenal Arti Lambang NU

PCINU Arab Saudi Harap Menaker Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran
Logo NU.
Logo NU.

KH. Ahmad Ruhyat Hasby

Pada pasal 4 Anggaran Dasar NU disebutkan bahwa lambang NU adalah bola dunia dengan memperlihatkan peta Indonesia yang diikat oleh tambang dengan jumlah untaiannya 99 yang ikatannya longgar. Bola dunia itu dilingkari oleh sembilan bintang. Melintasi bola dunia itu tertulis " NAHDLATUL ULAMA" dengan huruf Arab. 

1. Bola dunia (globe) melambangkan planet bumi sebagai tempat kita tinggal, hidup, bersosial, berikhtiar, beramal dan bekerja. Bumi juga mengingatkan kita berasal dari tanah dan akan kembali menjadi tanah sementara ruh kita kembali kepadaNya.

2. Peta Indonesia melambangkan kecintaan NU kepada tanah air dan bangsa. Kita hidup di negeri ini, menghirup udara, minum air, beranak pinak di negeri ini. Itulah makanya Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari mengeluarkan jargon "hubbul wathon minal iman". Cinta tanah air adalah bagian dari iman.

3. Tambang yang melingkar memiliki arti persaudaraan (ukhuwwah) yg mengikat kita sebagai sesama muslim (ukhuwwah Islamiyyah), sesama bangsa Indonesia (ukhuwawh wathoniyyah), dan sesama manusia (ukhuwwah basyariah). Jumlah untaiannya 99 melambangkan Asmaul Husna. Tambang itu juga ditalikan dengan longgar, memiliki arti bahwa NU selalu fleksibel dan dinamis dalam menentukan hukum dan sikap politik.

4. Sembilan bintang yang melingkari bola dunia jika disatukan melambangkan Wali Sanga, sembilan wali yang menyebarkan Islam di Indonesia. Jika dihitung satu persatu, bintang paling besar di bagian atas melambangkan Rasulullah Saw, empat bintang di bawahnya adalah Khulafaur Rasyidin, empat bintang di bawah tulisan NU adalah empat Imam Mujtahid madzahibul arba'ah; Imam Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hambali. 

5. Tulisan NU dengan huruf Arab yang merupakan idlofat dari نهضة dan العلماء, yang berarti kebangkitan ulama. Menurut Gus Dur, Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari memberikan nama نهضة yang merupakan mashdar marroh dari kata ينهض yang diambil dari salah satu kalam hikmah Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari dalam kitab Al-Hikam

لاتصحب من لاينهضك حاله ولايدلك على الله مقاله

“Jangan berteman dengan orang yang tingkahnya tidak membangkitkanmu dan ucapannya tidak menjadi petunjuk bagimu kepada (jalan) Allah.”

Mari kenali NU, agar timbul cinta dan gairah (ghirah), menjadi pecinta NU karena sudah paham apa itu NU.

Penulis adalah Ketua PCNU Karawang.