Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

M Ihsan Ramadhan, Putra Kabupaten Bogor yang Mewakili Kafilah Jabar di MTQ Padang

M Ihsan Ramadhan, Putra Kabupaten Bogor yang Mewakili Kafilah Jabar di MTQ Padang
Muhammad Ihsan Ramadhan. (Foto: dok. Pribadi)
Muhammad Ihsan Ramadhan. (Foto: dok. Pribadi)

Muhammad Ihsan Ramadhan, qari tingkat anak asal Kabupaten Bogor, mewakili kafilah Jabar dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat nasional ke-28 di Padang Sumatra Barat. Qari yang akrab dipanggil Ihsan ini merupakan santri di Pondok Pesantren Haqqottilawah, Situ Daun Tenjolaya Kabupaten Bogor. Pesantren ini diasuh oleh KH Ade Ahmad Farid, yang juga merupakan ayah dari Ihsan sendiri. 

Putra pertama dari 4 bersaudara ini, berprestasi di bidang qiroah sejak kelas V SD. Baru-baru ini dia menyabet juara pertama dalam sebuah ajang Musabaqah Internasional di Doha, Qatar. Dia menjadi juara setelah berhasil menyisihkan para peserta yang berasal dari 15 negara lain.

Prestasi sebelumnya adalah beberapa ajang seperti Juara 3 Murottal Putra STQ Jawa Barat 2017, Harapan 2 Tilawah Anak-anak STQ Nasional Kalimantan Utara 2017, dan Juara 2 Semesta Bertilawah MNC TV 2017.

Tidak hanya itu, dia juga menjadi Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Provinsi Jawa Barat 2018, Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional JQH NU Jabar 2018, Juara 3 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional Medan Sumatera Utara 2018.

Saat ini, Ihsan mewakili kafilah Jawa Barat, dalam kategori Qori Anak. Ia akan mengikuti MTQ Nasional ke-28 di Sumatera Barat, Ihsan akan bermusabaah dengan kafilah dari seluruh tanah air.

MTQ yag dilaksanakan di Padang ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menyebut bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.
Bakat dan prestasi Ihsan, tak luput dari bimbingan langsung orang tuanya. Saat ini Kiai Farid, panggilan akrab KH Ade Ahmad Farid, berkonsentrasi mengasuh pesantren dan puluhan santri, yang akan dilatih dan dididik menjadi generasi penerus Qurani.

"Mohon doanya untuk Ihsan, mudah-mudahan tampilnya ikhlas dan mendapat ridha Allah." Demikian harapan Kiai Fard.

Hakim Hasan