Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

LPBHNU Beri Penyuluhan Hukum KDRT Bersama Muslimat NU Depok Secara Daring

LPBHNU Beri Penyuluhan Hukum KDRT Bersama Muslimat NU Depok Secara Daring
LPBHNU beri penyuluhan Hukum KDRT Bersama Muslimat
LPBHNU beri penyuluhan Hukum KDRT Bersama Muslimat

Depok, NU Online Jabar 
Dalam rangka memaksimalkan kinerja program penyuluhan hukum KDRT di tengah pemberlakuan PPKM Darurat, Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum NU Kota Depok (KLPBHNU), memberi penyuluhan hukum  Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) kepada Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Depok melalui daring. 

"Secara Daring. Hal ini kami lakukan dalam rangka tertib peraturan PPKM Darurat, karena sekarang itu yang berlaku untuk semua masyarakat demi memutus mata rantai penularan Covod-19. Walaupun begitu tidak mengurangi esensial kegiatan yakni pelaksanaan program Penyuluhan Hukum KDRT," ungkap Sekretaris LPBHNU Depok Hasan Muaziz, Jumat, (9/7).

Berdasarkan pantauan kontributor, dalam diskusi ini PC Muslimat NU Kota Depok menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat semua pengurus Muslimat NU adalah perempuan tangguh, juga merupakan salah satu garda terdepan seorang pendidik dalam keluarga, umumnya di lingkungan masyarakat. 

Pada kegiatan ini, pengurus LPBHNU yang lain, Setya Indra Arifin juga memaparkan bahwa terdapat beberapa strategi terkait penanganan kekerasan dalam rumah tangga, mengingat urusan rumah tangga merupakan hal yang privat, sehingga banyak orang yang enggan menceritakan kondisi rumah tangga yang mereka alami. 

"Maka dengan itu ibu Muslimat yang kami sayangi, diperlukan strategi, pendekatan dan keberanian untuk kita sebagai seorang pendamping guna kepentingan umat," Kata indra.

Dalam kesempatan ini ibu selaku Wakil Ketua PC Muslimat NU Depok Hj. Titik Aisyah, menyampaikan ucapan terimakasih dan akan segera mendiskusikan terkait program apa saja yang dapat disinergikan antara LPBHNU dengan Muslimat Nu di Kota Depok, terutama terkait dengan kekerasan dalam rumah tangga.

"Sebenarnya di Muslimat NU ada bidang hukum dan advokasi tapi kita kurang bahan ilmu dan SDM, jadi nanti bisa diberdayakan. Boleh lah nanti bekerjasama," kata Uztadzah Titik.

Untuk diketahui, LPBH NU Depok melakukan diskusi dan sosialisasi dengan Muslimat NU se-Kota Depok. Dalam diskusi yang dilaksanakan melaui online ini, dipandu oleh pengurus LPBH Nu seperti Hasan Muaziz, Setya Indra Arifin, dan Ahmad Thohir. 

Ustadz Achmad Solechan Ketua Tanfidz Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok mengapresiasi kinerja LPBHNU.

"NU Depok hadir untuk umat, sudah menjadi kewajiban kita memberikan pelayanan alternatif kepada masyarakat. Kalau perlu semua banom dan lembaga ada SDM Paralegal," terang Ustadz Solechan.

Editor: Abdullah Alawi