Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Harapan Kiai Aang di MKNU Ketiga Kabupaten Kuningan

Harapan Kiai Aang di MKNU Ketiga Kabupaten Kuningan
Wakil Ketua PCNU Kabupaten Kuningan Kiai Aang Asy'ari (Foto: NU Online Jabar)
Wakil Ketua PCNU Kabupaten Kuningan Kiai Aang Asy'ari (Foto: NU Online Jabar)

Kuningan, NU Online Jabar 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kuningan mengadakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) ketiga di Gedung IPHI yang akan berlangsung pada Selasa-Rabu (12-13/10). MKNU ini diadakan dalam rangka peningkatan literasi keilmuan dan wawasan an-Nahdliyah bagi para kader NU.

Sekretaris Ketua PCNU Kabupaten KH Aang Asy’ari mengungkapkan bahwa salah seorang guru terdahulu pernah berkata Islam akan kembali dan timbul dari Timur. Ia kemudian memaknai bahwa Timur yang dimaksud adalah Indonesia, dan yang menjadi salah satu penentunya adalah kader Nahdlatul Ulama. 

"Oleh karena itu kita selaku kader NU harus terus meningkatkan kapasitas diri, supaya kita mampu  menentukan arah dinamika masyarakat," ujar Kiai Aang. 

Sebanyak 155 peserta mengikuti kegiatan MKNU yang mengangkat tema Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut melalui link pendaftaran online via google form. 

Kegiatan ini menjadi refleksi bagi para peserta bahwa mereka berasal dari madrasah, mengikuti MKNU untuk menjadi kader NU yang kelak akan menjadi pengurus NU.

"Betapa pentingnya jadi kader, kader  memiliki posisi lebih tinggi dari Jamaah lainnya, dengan mengikuti madrasah kader ada kesempatan untuk menjadi pengurus NU," kata KH Zainal Mubarok pada saat menyampaikan materi pengantar MKNU kepada para peserta.

Pewarta : Sri Melynda
Editor: Agung Gumelar