Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Haddad Alwi Assegaf Sang Munsyid Sholawat Indonesia

Haddad Alwi Assegaf Sang Munsyid Sholawat Indonesia
Hadad Alwi (Foto: instagram @abihaddadalwi)
Hadad Alwi (Foto: instagram @abihaddadalwi)

Oleh Syaerozi
Haddad Alwi Assegaf atau biasa disapa dengan sapaan Haddad Alwi. Beliau salah satu Munsyid senandung shalawat di Indonesia. Selain suaranya yang merdu lirik shalawatnya juga bukan hanya Lagu Arab tapi beliau juga menyanyikan dengan lagu Indonesia.

Sosok Haddad Alwi salah satu icon penyanyi religi yang namanya melejit pernah terkenal pada masanya (Tahun 2000-an) dengan album pertamanya yang paling disukai oleh orang yakni "Cinta Rasul". 

Haddad alwi yang kerap diundang ke berbagai tempat saat melantunkan shalawat dan lagu selalu mengangkat tangan bahkan sambil melambaikan sebagai bentuk kecintaan kepada nabi Muhammad SAW dan mengharapkan ridha Allah SWT.

Bagi saya, Haddad Alwi memang masternya melantunkan shalawat dengan nada-nada yang easy listening selain lirik shalawatnya yang adem, syahdu, dan enak di dengar juga muda untuk kita hafal liriknya.

Haddad Alwi adalah sosok yg bersahaja, figur publik yang memberi contoh teladan bagi anak-anak dengan lagu-lagunya yang mengajarkan kepada anak-anak untuk mencintai nabi sejak dini.

Selain itu, sederhananya bershalawat adalah instrumen sendu pengiring kerinduan kepada Rasulullah sang reformator akhlak. Shalawat kita kepada Rasulullah SAW adalah doa untuk kita dan voucher untuk mendapatkan syafa'atnya nabi Muhammad SAW dan cinta kita kepada Allah SWT. 

Sedangkan shalawat malaikat kepada nabi Muhammad SAW adalah bentuk rispect atas kemuliaan akhlak Rasulullah SAW. Membiasakan Bershalawat adalah nutrisi alam untuk mempermudah mengingat-Nya.

Penulis adalah aktivis muda NU Indramayu