Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

GEROBAK, Cara  IPNU dan IPPNU 4 Kecamatan  di Indramayu Perkuat Keorganisasian

GEROBAK, Cara  IPNU dan IPPNU 4 Kecamatan  di Indramayu Perkuat Keorganisasian
Acara Gerakan Organisasi Bersama IPNU dan IPPNU Indramayu (NU Online Jabar/Foto: Dok. Gerobak)
Acara Gerakan Organisasi Bersama IPNU dan IPPNU Indramayu (NU Online Jabar/Foto: Dok. Gerobak)

Indramayu, NU Online Jabar
Gerakan Organisasi Bersama (Gerobak) menjadi salah satu cara yang dipilih untuk menyatukan kekuatan dan memperkuat keorganisasian IPNU dan IPPNU di empat kecamatan di wilayah Indramayu Barat. Keempat kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Bongas, Gabus Wetan, Kroya, dan Kandanghaur.

Gerobak diisi dengan kajian tata kelola organisasi, keadministrasian, bedah AD/ART dan diskusi seputar tantangan serta hambatan yang dihadapi oleh keempat PAC IPNU dan IPPNU tersebut. Kegiatan ini dipusatkan di sekretariat bersama Banom NU Kecamatan Bongas, Sabtu (24/11/2020).

Hadir pada acara Gerobak perdana itu seluruh pengurus PAC dan Ranting dari 4 Kecamatan Bongas, Gabus Wetan, Kroya, dan Kandanghaur. Ketua PAC IPNU Kecamatan Bongas, Ako Seftio berharap program kerja ini mampu menciptakan kader IPNU maupun IPPNU menjadi kader yang paham mengenai administrasi dan seluk beluk IPNU serta IPPNU.

"GEROBAK singkatan dari (Gerakan Organisasi Bersama Kader) dan kegiatan ini dilaksanakan sebagai program kerja bersama dari 4 kecamatan, Supaya kader-kader IPNU IPPNU bisa memahami manajemen organisasi dan juga AD/ART organisasi sebagai pedoman organisasi," Ujarnya.

Demi terwujudnya organisasi yang masif dan produktif, menurut Ako Seftio, para kader harus memahami dan menerapkan secara langsung tata kelola organisasi dan aturan organisasi di setiap kader-kader IPNU dan IPPNU.

“Untuk itu PAC IPNU dan IPPNU bongas meminta PC Kabupaten Indramayu untuk bisa mengisi dan berbagi pengalaman kepada 4 kecamatan yang di hadiri dari tingkat PAC, Komisariat dan juga Ranting,” ungkapnya.

"Alhamdulillah kegiatan GEROBAK berjalan lancar dan sukses berkat loyalitas dan totalitas seluruh kader IPNU IPPNU dari jajaran pengurus PAC, Komisariat dan juga Ranting yang sangat antusias terhadap kegiatan ini," tambahnya.

Sementara, Pembina IPNU Kecamatan Bongas, Saeful Ulum mengatakan, para kader IPNU dan IPPNU  harus mampu menjalankan organisasi dengan baik dan benar serta tertib administrasi yang merupakan jantung dari organisasi. 

"Administrasi merupakan jantung dari organisasi, agar organisasi berjalan dengan baik dan unggul, administrasi harus dipahami oleh anggota dan terutama pengurus, Saya  berharap para kader IPNU dan IPPNU bisa menerapkan ilmu hasil dari kegiatan ini kepada seluruh anggotanya melalui forum diskusi formal maupun informal ataupun forum lainnya" pungkasnya.

Perwarta: Muhamad Ali Slamet
Editor: Iing Rohimin