Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Gembleng Potensi Kader dalam Tulis-Menulis, PMII Ciamis Gelar Sekolah Jurnalistik

Gembleng Potensi Kader dalam Tulis-Menulis, PMII Ciamis Gelar Sekolah Jurnalistik
Sekolah Jurnalistik PC PMII Ciamis
Sekolah Jurnalistik PC PMII Ciamis

Ciamis, NU Online Jabar
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ciamis menggembleng kompetensi kader dalam tulis-menulis melalui kegiatan Sekolah Jurnalistik di Wisma Guru Ciamis, Ahad (11/7). 

Ketua Panitia pelaksana Nendi mengatakan bahwa kegiatan tersebut tentunya mematuhi protokol kesehatan serta membatasi kepesertaan. 

"Kami batasi peserta hanya berjumlah 15 orang yang terbagi dari beberapa utusan komisariat yang ada di bawah naungan PC PMII Ciamis," tuturnya. 

Kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat diikuti secara sungguh-sungguh oleh kader PMII,  karena tujuan lain dari kegiatan ini sahabat-sahabat PMII dapat membangun kesadaran bahwa transformasi digital saat ini harus menjadi media perjuangan. 

"Tentunya dalam meng-counter isu-isu hoax dan usaha menebar narasi konstruktif serta produktif bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang PMII Ciamis Irsyal mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertarget mampu menggali potensi kader. 

"Karena ini dapat menggali potensi dan kreativitas kader dalam jurnalistik untuk menjawab tantangan era digital," ucapnya. "Tentunya meningkatkan kualitas kader yang mahir dalam bidang jurnalis dan teknologi, " tambah Irsyal. 

Ia mengatakan kader PMII hari ini dituntut peka dan mampu membaca realitas sosial secara objektif dan kritis. sekaligus terlibat aktif dalam aksi perubahan sosial transformatif. Apalagi, transformasi sosial yang dilakukan kader PMII akan berjalan secara efektif. 

Irsal berharap kegiatan tersebut dapat menghasilkan generasi jurnalis yang cakap, kompeten, berkualitas, bijak dalam bermedia dan selalu mengedepankan profesionalisme, baik dalam segi kebenaran konten dan penyajian data. 

"Karena perkembangan teknologi yang semakin deras, maka sebagai anggota dan kader PMII tentu harus menyiapkan diri sebaik mungkin dan harus menjadi generasi cerdas IT, bukan malah jadi korban," tegasnya. 

Sekolah jurnalistik ini, sambungnya, tidak cukup hanya belajar teori di kelas, tapi akan ada tindak lanjuti dengan RTL dan out-put yang jelas. 

Kegiatan bertema Jurnalis Muda Berkarya dalam Implementasi Kritis Transformatif Produktif itu dihadiri Wakil Mabincab PC PMII Ciamis Untung Bahtiar, Pengurus Cabang serta Komisariat se-Ciamis. 

Kontributor: Soleh Hidayat
Editor: Abdullah Alawi