Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Disciplined Entrepreneurship

Disciplined Entrepreneurship
Lokasi pabrik jamur merang milik Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis (Foto: Irfan Soleh)
Lokasi pabrik jamur merang milik Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis (Foto: Irfan Soleh)

Oleh: Irfan Soleh
Bill Aulet mengawali bukunya yang berjudul Disciplined Entrepreneurship dengan meyakinkan pembacanyaa bahwa Entrepreneurship itu bisa diajarkan karena entrepreneur itu bukan hanya milik orang-orang tertentu yang lahir dari keluarga pengusaha tapi entrepreneur itu lahir dari mindset dan keterampilan yang bisa dipelajari oleh siapapun. Untuk itu lewat tulisan ini mari kita pelajari apa itu disciplined entrepreneurship? Bagaimana kita bisa membedakan 2 jenis entrepreneurship? Mengapa MIT begitu sukses melahirkan entrepreneur? Langkah-langkah apa saja yang harus dipelajari untuk membangun startup yang sukses?

Disciplined Entrepreneurship adalah sebuah buku yang dirancang sebagai perangkat terintegrasi bagi entrepreneur pemula dan veteran supaya mereka bisa membangun perusahaan besar yang didasari produk inovatif baru. Bill Aulet membedakan 2 jenis entrepreneurship yaitu Entrepreneurship Small and Medium Entreprise (SME) dan Entrepreneurship Innovation-Driven Entreprise (IDE). Penting bagi kita untuk mengetahui perbedaannya karena setiap jenis entrepreneurship punya tujuan dan kebutuhan yang benar-benar berbeda. Diantara perbedaannya adalah SME dimulai oleh satu orang dan berkembang menjadi bisnis kecil dan menengah untuk melayani pasar lokal sementara IDE biasanya dibangun oleh tim dimana mereka membangun bisnis mereka dari teknologi, proses, model bisnis atau inovasi lainnya

Sejak 2006, 25.000 perusahaan berdiri dan 900 perusahaan baru dimulai setiap tahunnya dilingkungan dan alumni Massachusetts Institute of Technology (MIT). Menurut Bill Aulet alasan kenapa MIT begitu sukses menciptakan perusahaan baru adalah karena gabungan semangat dan keterampilan.  Dari mulai semangat dari entrepreneur 'mahasiswa' yang potensial, mau belajar lebih banyak tentang keterampilan entrepreneurship, praktik dikelas dan program,  hingga mahasiswa bisa merasakan kesuksesan dan menjadi bagian dari komunitas entrepreneur yang sangat dihormati dan membanggakan. Ringkasnya dari mulai mindset, skillset, toolset hingga actionset nya lengkap ada.

Bill Aulet memaparkan 24 langkah membangun bisnis yang sukses yang dikelompokan kedalam beberapa tema yaitu siapa pelanggan anda? Apa yang bisa anda perbuat untuk pelanggan anda? Bagaimana anda menghasilkan uang dari produk anda? Bagaimana anda merancang dan membangun produk anda? Bagaimana anda mengukur bisnis anda? Intinya ada banyak keterampilan nyata yang bisa memperbesar peluang suksesnya bisnis kita seperti manajemen sumberdaya manusia, keterampilan menjual dan juga seperti yang difokuskan Bill Aulet dalam buku Disciplined Entrepreneurship ini yaitu pengonsepan produk dan penyampaiannya. Kuncinya adalah mau belajar dibarengi dengan aksi nyata. Bagi anda yang mau belajar secara detail 24 langkah yang tertuang dalam buku Disciplined Entrepreneurship ini silahkan hubungi tim Irfani Business Consulting, mari kita belajar dan berkarya bersama!

Penulis berasal dari Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis