Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Dede Badri, Kepala Banser Cianjur Yang Jadi Anggota DPRD

Dede Badri, Kepala Banser Cianjur Yang Jadi Anggota DPRD
Dede Badri, berkacamata, bersama kader Banser (NU Onlinr Jabar/Foto: Dok. Probadi)
Dede Badri, berkacamata, bersama kader Banser (NU Onlinr Jabar/Foto: Dok. Probadi)

Cianjur, NU Online Jabar
Barisan Ansor Serba Guna (Banser) merupakan badan semi otonom Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). Gerakan Pemuda Ansor yang lahir jauh sebelum Indonesia merdeka tepatnya pada tanggal 24 April 1934 ini merupakan Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) di bidang kepemudaan yang menitikberatkan pada aspek keagamaan kebangsaan dan pembelaan tanah air mempunyai sejarah panjang. Banyak tokoh yang lahir dari organisasi ini, baik eksekutif maupun legislatif.

Salah satunya adalah Dede Badri, Anggota DPRD Kabupaten Cianjur periode ke-2 dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) yang juga didapuk menjadi Kepala Satuan Koordinator Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Cianjur.

"Beberapa tahun lalu saya didaulat memimpin Banser se Kabupaten Cianjur. Hingga saat ini jumlah anggota Banser telah mencapai ratusan personil yang tersebar di semua kecamatan," kata pria yang akrab disapa Kang Deba ini.

Dede Badri mengaku awal dirinya masuk Banser karena didikan di pesantren Al Musri Ciranjang yang mengharuskan setiap santri dan alumni aktif di NU.

"Semua santri dan alumni yang jumlahnya ribuan bergabung di Banom dan Lembaga NU, termasuk saya yang memilih bergabung di Banser," ujarnya.

Dede Badri mengaku banyak bekal yang ia dapatkan saat aktif sebagai Satkorcab Banser Cianjur. Baik bekal fisik, mental maupun wawasan berorganisasi. Semua itu landasannya ikhlas dan tawadhu pada kyai.

Pria asal Ciranjang, Cianjur ini sangat semangat setiap mengikuti kegiatan diklat. Hingga kini Dede Badri sudah mengikuti Kursus Banser Pimpinan (SUSBANPIM) di Pasuruan Jawa Timur tahun 2020,  jenjang  Diklat  tertinggi Banser tingkat Nasional.

"Saya bersyukur aktif di Banser sebagai bentengnya Kyai, agama dan negara. Kita semua modalnya ikhlas dan patuh kyai. Atribut, seragam, pelatihan semua pakai uang sendiri," tutur Dede Badri yang hobi bermain Bola.

Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhyiddin