Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Catatan Proses Penulisan Buku Ajengan Sukamanah

Catatan Proses Penulisan Buku Ajengan Sukamanah
Dari kiri ke kanan: KH Acep Wahid, KH Atam Rustam, KH A Thohir Fuad, dan Iip Yahya. (Foto: NU Online Jabar)
Dari kiri ke kanan: KH Acep Wahid, KH Atam Rustam, KH A Thohir Fuad, dan Iip Yahya. (Foto: NU Online Jabar)

Oleh Iip D. Yahya

Buku Ajengan Sukamanah Biografi KH Zainal Musthafa Asy-Syahid, telah resmi diluncurkan pada hari Selasa, 23 Februari 2021. Buku ini, memang belum menampung seluruh data terkait Ajengan Sukamanah, tetapi cukup memberikan gambaran yang lebih utuh dibanding buku atau hasil riset yang sudah ada. Terdapat sejumlah data baru yang selama ini belum muncul, termasuk saksi mata saat eksekusi dilakukan di kawasan Ancol, 25 Oktober 1944.

Melalui tulisan singkat ini, penulis ingin berbagi pengalaman selama proses riset dan penulisan buku tersebut. Siapa tahu ada di antara pembaca yang terdorong untuk menuliskan kiai atau ajengan yang menjadi idolanya.

31 Maret 2019
Saya mulai menyimpan file pertama terkait KH Zainal Mustafa dari koleksi OPAC Perpusnas (opac.perpusnas.go.id). Beberapa hari sebelumnya, Sahabat Imam Mudofar  menghubungi saya dan menyampaikan wacana bahwa saya akan diminta menulis biografi Ajengan Sukamanah. 

1 Mei 2019.
Setelah melakukan riset online sepanjang April 2019, barulah saya secara resmi menyusun rencana penelitian mengenai KH Zainal Musthafa Sukamanah. Diantar oleh Imam Mudofar, saya bersua dengan KH Atam Rustam, Ketua Yayasan KH Zainal Musthafa dan Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya. 

14 Mei 2019
MoU antara saya dan Yayasan KHZM, ditandatangani. Saya mulai intensif riset lapangan, menemui sejumlah narasumber. Ternyata data terkait Ajengan Sukamanah sangat berlimpah.

18 Februari 2020
Karena satu dan lain hal, MoU antara saya dan Yayasan KHZM harus direvisi. Pada hari itu juga, bersamaan dengan Pertemuan Alumni, saya diminta untuk memaparkan hasil riset sementara dan rencana selanjutnya. Atas pertanyaan seorang alumni, "Kapan buku akan selesai?" Saya menjawab, "Insyaallah tahun depan."
Lalu datanglah pandemi Covid-19. Rencana ke Perpusnas dan Arsipnas harus ditunda. Sepanjang bulan puasa, saya nyaris tak keluar rumah. Hambatan karena tak bisa pergi ke sumber arsip, ternyata besar hikmahnya. Banyak data baru yang saya dapatkan hasil dari berselancar di berbagai sumber data. Di antaranya saya mendapatkan sebuah laporan dari seorang pribumi yang penting, yang menjadi pejabat urusan kependudukan di Departemen Dalam Negeri pada masa Jepang.
 
24 Juni 2020
Kang Duddy yang mengelola duddy.web.id mengajak saya diskusi ringan membahas proses riset buku Ajengan Sukamanah. Saya ditemani Sahabat Imam Mudofar dan Aip Syaiful Mubarrok. (https://www.facebook.com/watch/?v=293990568634731)

17 Juli 2020
Prof Mikihiro Moriyama berkenan memberikan kata pengantar setelah membaca draf awal buku.

21 Juli 2020
Melalui Sahabat Syakur Asaori, cicit Mama Cilenga, Pengasuh Pesantren Azzakiyyah Griya Bukit manglayang Bandung, saya mendapatkan soft-file koleksi foto keluarga KH Muhammad Syabandi, yang di dalamnya terdapat foto KH Zainal Musthafa.

5 Agustus 2020
Bersama desainer cover dan layouter Adit Hiracahya dan sejumlah kawan, saya menyerahkan dummy buku kepada keluarga Sukamanah. Waktu itu saya perkirakan buku bisa terbit pada 25 Oktober 2020, pas hari wafat beliau (25-10-1944).
Sepulang dari Sukamanah, saya diinterview oleh Kang Aip untuk ditayangkan di Media NU Tasikmalaya. (https://www.youtube.com/watch?v=q1c-Kw9YW9E)

17 Oktober 2020
Dalam rangka Hari Santri Nasional, PW RMI Jabar mengadakan halaqah online bertema: Meneladani Kepahlawanan KH Zainal Musthafa. Saya menjadi salah seorang narsum mendampingi sejumlah narsum yang lain. (https://www.youtube.com/watch?v=oPDCKCMySjk&t=11s)
Kegiatan ini ditayangkan di Channel NU Jabar Online yang dikelola oleh Media Center PWNU Jabar, tempat saya berkhidmah sebagai direkturnya.

31 Desember 2020
Dikawal Gus Ayik Al dan Kang Aip, menjelang pergantian tahun, saya diminta untuk presentasi isi buku di hadapan keluarga besar KH Zainal Musthafa. Saya didampingi oleh KH A Thohir Fuad, KH Atam Rustam, dan KH Acep Wahid. Alhamdulillah, keluarga bisa menerima paparan yang saya sampaikan.

5 Januari 2021
Gus Menteri H Yaqut Cholil Qoumas berkenan memberikan kata sambutan.

16 Januari 2021
Pendaftaran Penerbit K.H.Z. Musthafa diterima oleh pengelola ISBN Perpusnas RI.

4 Februari 2021
Setelah proses koreksi dari pihak keluarga selesai, file buku masuk ke percetakan.

22 Februari 2021
Ditemani Kang Syakur, saya menemui perwakilan keluarga besar KH. Muhammad Syabandi di Pesantren Cilenga, Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Ajengan Agus Ramdani sebagai pengasuh, juga ikut menyertai kami. Dalam pertemuan itu, tiga cucu Kiai Syabandi menandatangani pernyataan resmi terkait kesahihan foto KH Zainal Musthafa. 

23 Februari 2021
Saya menghadiri malam tasyakkur dan peluncuran buku Ajengan Sukamanah di area Pesantren. Acara hanya dihadiri 50 orang dengan protokol kesehatan yang ketat. Para santri dan alumni mengikutinya dari tayangan live streaming di FB dan Youtube. (https://www.youtube.com/watch?v=tbL5iVNWTXU&t=2407s atau https://www.youtube.com/watch?v=QfyM9UtKylg&t=2478s)

Alhamdulillah tsumma alhamdulillah. 

Untuk Almagfurlah Asy-Syahid KH Zainal Musthafa dan para Syuhada perlawanan Sukamanah, Alfatihah ...

Bandung, 25 Februari 2021