Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka Download

Banser Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi Bersih-bersih Sampah di Sungai dan Tanam 1000  Pohon

Banser Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi Bersih-bersih Sampah di Sungai dan Tanam 1000  Pohon
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Bekasi bersih-bersih sungai
Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Bekasi bersih-bersih sungai

Bekasi, NU Online Jabar
Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup, Satuan Koordinasi Cabang (Sarkotcab) Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Bekasi adakan bersih-bersih sungai dan penanaman 1000 bibit pohon bersama para relawan dari komunitas bencana alam dan peduli lingkungan Bekasi. 

Kegiatan berlangsung pada Sabtu (5/6) pagi hingga sore hari dimulai dengan agenda penyerahan secara simbolis 1000 bibit pohon dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di desa danau indah, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi dan dilanjut dengan bersih-bersih Sungai Cikarang.

Kepala Satuan Khusus (Kasatsus) Bagana, Ahmad Muhaimin Al-Ghozali kepada mengatakan aksi tersebut bertujuan untuk mengajak orang-orang agar taat terhadap peraturan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Muhaimin menambahkan selama ini alam telah memberikan banyak hal kehidupan bagi semua mahluk di bumi namun manusia memiliki kebiasaan dan pola hidup yang  justru memberikan dampak buruk bagi kerusakan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Muhaimin menerangkan Sungai Cikarang merupakan hulu dari semua bantaran kali menuju laut. Di bantaran sungai tersebut banyak tumpukan sampah sehingga bersih-bersih sampah dan penanaman pohon dilakukan di sekitar bantaran yang letaknya persis dekat dengan sungai itu. 

Muhaimin mengajak masyarakat khususnya yang ada di Bekasi untuk lebih menyadari agar tidak membuang sampah sembarangan di sungai hal ini akan berdampak buruk pada lingkungan hidup.

“Mari kita rawat dan jaga lingkungan kita,” ajaknya.

Sementara itu, Kang Ucip, salah satu warga desa danau mengatakan pihaknya bersyukur dengan agenda kegiatan bersih-bersih sungai.

“Selaku warga setempat saya berterima kasih atas kontribusi seluruh relawan yang telah menyempatkan waktunya untuk melaksanakan bersih-bersih sungai hari ini. Alhamdulillah,  dengan adanya kegiatan ini sungai di desa kami menjadi lebih bersih lagi dari sampah,” ujarnya. 

Kegiatan bersih-bersih dan penanaman 1000 bibit pohon yang bertemakan Selamatkan Mata Air Bukan Menambah Mata Air  berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad (5-6 Juni 2021) di desa danau indah, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. 

Pewarta: Suci Amaliyah
Editor: Abdullah Alawi