Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

10 Muharam, Muslimat NU Jabar Serentak Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo

10 Muharam, Muslimat NU Jabar Serentak Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo
Muslimat NU Kabupaten Bogor memberikan santunan kepada yatim piatu di daerahnya (Foto: NU Online Jabar)
Muslimat NU Kabupaten Bogor memberikan santunan kepada yatim piatu di daerahnya (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Sekretaris Muslimat NU Jawa Barat Hj. Nani Muharomah mengatakan hampir seluruh Pimpinan Cabang Muslimat NU hingga tingkat ranting mengadakan kegiatan santunan pada tanggal 10 Muharam yang bertepatan dengan 29 Agustus 2020 ini. Muslimat NU memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan para orang tua jompo.

“Kegiatan santunan diselenggarakan hampir di seluruh cabang, bahkan hampir di setiap ranting,” katanya kepada NU Online Jabar Sabtu (29/8) malam.  

Menurut ustadzah dari Pondok Pesantren Sirnamiskin, Kota Bandung ini, Muslimat NU serentak melakukan hal itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar dan sebagai tindak lanjut dari nasihat para alim ulama Nahdlatul Ulama.

“Dana yang diberikan kepada anak yatim dan orang tua jompo adalah berasal dari sedekah pengurus Muslimat dan para aghniya (orang kaya) dari anggota Muslimat,” jelasnya. 

Kegiatan ini, kata Ustadzah Nani, merupakan inisiatif dari setiap cabang. Pihaknya dari Pimpinan Wilayah hanya menjadi pemicu dengan sesering mungkin menyampaikan pentingnya memiliki kepedulian tinggi kepada sesama. Khusus untuk bulan Muharam, pengurus PW memberi penekanan akan keutamaan bersedekah pada tanggal 10.

“Dan setiap tahun Muslimat NU mengadakan santunan pada bulan Muharam. Jadi ini agenda rutin dan utama seperti halnya Muludan,” jelasnya. 

Atas nama PW Muslimat NU Jawa Barat, Hj. Nani Muharomah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas inisiatif Pimpinan Cabang sampai ke ranting Muslimat NU dalam memperingati 10 Muharam dengan santunan.  

“Semoga kegiatan ini bisa mempererat hubungan Muslimat dengan anggotanya dan masyarakat sekitarnya, dan semoga menjadi amal saleh yang dilipatgandakan pahalanya. Amin,” pungkasnya. 

Pewarta: Abdullah Alawi